Studi Skalabilitas Pemrosesan Paralel Pada Sistem Terdistribusi

  • Uray Yufikar Universitas Langlangbuana

Abstract

Salah satu keistemewaan aplikasi yang menggunakan pemrosesan paralel adalah skalabilitas, yaitu bisa dipercepat, atau bila beban komputasinya meningkat maka performansinya dapat dipertahankan dengan menambah pemrosesnya. Pemrosesan paralel idealnya dijalankan pada komputer paralel, atau multi processor, namun komputer seperti ini masih belum menjadi komoditas. Hadirnya komputer dengan prosesor multicore adalah solusi, sehingga pemrosesan paralel dalam aplikasi menjadi lazim saat ini, walau skalabilitasnya tentu sangat terbatas, karena kita tidak dapat menambah processor atau core pada komputer tersebut. Studi ini memperlihatkan bahwa melakukan proses paralel pada sekumpulan komputer yang terkoneksi dalam sistem terdistribusi adalah suatu alternatif, karena kita dapat menambah komputer disana untuk mendapatkan skalabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Andrews S. Tanenbaum, Maarten Van Steen, “Distributed Systems, Principles and Paradigms”, Prentice Hall, 2016
2. By G. Coulouris, J. Dollimore and T. Kindberg, “Distributed Systems Concepts and Design”, Published by Addison Wesley, 2013
3. Foster and S. Taylor. “New Concepts in Parallel, Programming” Prentice-Hall, 1990
Published
2019-05-06
How to Cite
YUFIKAR, Uray. Studi Skalabilitas Pemrosesan Paralel Pada Sistem Terdistribusi. Jurnal TIARSIE, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 11-16, may 2019. ISSN 2623-2391. Available at: <http://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/39>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v16i1.39.