Distribusi Crude Oil Melalui Alternatif Sistem Pipa Bawah Tanah Menggunakan Tekno Ekonomi

  • M Kumroni Makmuri Universitas Bina Darma
  • Andre Prabowo Universitas Bina Darma

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapai Pertamina RU-III Plaju Palembang saat ini, adanya in-efisiensi dalam proses pengadaan BBM mentah crude oil yang didatangkan dari beberapa sumur minyak di Indonesia yang mana masih harus melalui beberapa proses kegiatan pengapalan, dimulai dari kapal pembawa crude oil bermuatan 450 mb yang berasal dari sumur/loading port untuk kemudian melakukan loading/unloading di kapal penampung sementara bernama MT.Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yaitu menentukan arus kas bersih dengan dari nilai cash in dan cash out pada sistem lama distribusi crude oil, guna sebagai acuan perhitungan NPV, IRR dan  menetapkan payback period, melakukan perhitungan NPV dan IRR terhadap rencana investasi sistem baru, dengan acuan arus kas bersih sistem lama distribusi crude oil serta menganalisis nilai investasi sistem baru layak atau tidak diterapkan, guna mengurangi losses, dengan penentuan kelayakan investasi dari hasil analisis arus kas bersih sistem lama dengan metode NPV dan IRR.Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa arus kas bersih yang tercipta setiap tahunnya memiliki nilai yang  positif dengan nominal awal rencana investasi sistem baru yaitu sebesar Rp 3,500,000,000,000. Dari perhitungan didapatkan nilai IRR = 22.38% > MARR = 15%, yang artinya nilai alternative investasi sistem baru (instalasi pipa dan tanki timbun) distribusi crude oil layak (menguntungkan) untuk dijalankan. Didukung dengan payback period yang baik, yaitu selama 5 tahun serta alternative investasi sitem baru (instalasi pipa dan tanki timbun)meminimalkan nilai losses distribusi crude oil, dimana nilai losses alternative sistem baru = 42,500 bl < dari nilai losses sistem lama = 428,386 bl.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bodie, Z, Kane.A; Marcus, A.J. 1995. Essential Og Investment, 2nd edition, Washington: Richard D. Irwin Inc
[2] Francis, J.C. 1991.Investment : Analysis and Management, 5th. Singapore: McGrawhill INC
[3] Raharjaputra, Hendra S, 2009, “ Buku Panduan Praktis Manajemen Keuangan dan Akutansi untuk Eksekutif Perusahaan”, Jakarta, Salemba Empat.
[4] Ristono, Agus, Puryani, 2011, “Ekonomi Teknik” Yogyakarta, Edisi 1, Graha Ilmu.
[5] Siregar, Baldric, Dkk, 2014, “Akutansi Manajemen”, Jakarta Selatan, Salemba Empat. , Jurnal Akutansi
[6] Suratman. 2001. Studi Kelayakan Proyek: Teknik dan Prosedur PenyusunanLaporan. Yogyakarta : J & J Learning
[7] Sinaga, Dadjim. 2009. Studi Kelayakan Bisnis Dalam Ekonomi Global: Teori dan Aplikasinya dalam Evaluasi Proyek. Jakarta : Mitra Wacana Media
[8] Sinaga, Dadjim, & Saragih, Herlina J. R. 2013.Studi Kelayakan Investasi Pada Proyek Dan Bisnis Dalam Perspektif Iklim Investasi Perekonomian Global: Teori dan Aplikasinya dalam Menilai Investasi Modal dalam Proyek dan Bisnis). Jakarta : Mitra Wacana MediaJilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).
Published
2019-09-30
How to Cite
MAKMURI, M Kumroni; PRABOWO, Andre. Distribusi Crude Oil Melalui Alternatif Sistem Pipa Bawah Tanah Menggunakan Tekno Ekonomi. Jurnal TIARSIE, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 111-120, sep. 2019. ISSN 2623-2391. Available at: <http://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/61>. Date accessed: 18 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v16i3.61.