Penilaian Kondisi Eksisting Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Perangkat Daerah Menggunakan Cobit 5

  • Aisyah Nuraeni Langlangbuana University

Abstract

Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi adalah mengukur kondisi nyata penatakelolaan teknologi informasi pada sebuah organisasi. Pengukuran ini bertujuan untuk meningkatkan ketepatan dalam melakukan perbaikan kondisi tata kelola TI sehingga investasi TI yang dikeluarkan selaras dengan manfaat yang diperoleh dalam pemenuhan tujuan organisasi. Pada Penelitian ini organisasi yang dimaksud adalah perangkat daerah pemerintah kota. Pemerintah Kota memiliki kompleksitas masalah dalam mencapai tujuannya, sehingga target penilaian di breakdown kepada perangkat daerah selaku tombak operasional Kota. Penilaian Tata kelola TI ini menggunakan COBIT 5 yaitu PAM dengan prioritas proses yang terpilih adalah berkenaan dengan pengelolaan anggaran, sumber daya manusia, pendefinisian kebutuhan, aset, operasi, dan evaluasi. Rata-rata hasil penilaian berada pada level 1.

References

[1] ISACA, 2012, COBIT 5 for Information Security, ISACA, United States of America.
[2] Aisyah Nuraeni, KM Syarif Haryana, 2016, Penilaian Tata kelola Teknologi Informasi Dengan Menambahkan Unsur Keamanan Menggunakan Framework COBIT 5 pada Domain DSS, Jurnal Computech & Bisnis, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
[3] Richardus E. Indrajit, 2014, Manajemen Organisasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi, Aptikom, Jakarta.
[4] Schindlwick. Helmut (2017). IT Governance: How to Reduce Costs and Improve Data Quality through the Implementation of IT Governance 1st. USA.
[5] ISACA. 2012. COBIT 5: Enabling Processes. ISACA. United States of America.
[6] ISACA. 2012. COBIT 5: Process Assessment Model. ISACA. United States of America.
Published
2020-03-20
How to Cite
NURAENI, Aisyah. Penilaian Kondisi Eksisting Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Perangkat Daerah Menggunakan Cobit 5. Jurnal Tiarsie, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 1-6, mar. 2020. ISSN 2623-2391. Available at: <https://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/77>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i1.77.