Analisis Lanjutan Kepuasan Pengguna Transportasi Kurir Berbasis Aplikasi Teknologi

Studi Kasus : Kota Bandung Raya

  • Raisa Fadhila Universitas Langlangbuana

Abstract

Abstrak- Transportasi pengiriman barang merupakan salah satu pergerakan rantai tranportasi  yang sangat vital dalam suatu kegiatan perekonomian, saat ini penggunaan jasa kurir semakin tinggi dikarenakan sudah dilengkapi oleh aplikasi berbasis teknologi atau online.Dari hasil penelitian peneliti terdahulu, telah didapatkan hasil bahwa secara umum masyarakat  cenderung memilih jasa kurir pengantar barang yang dilengkapi aplikasi teknologi/onlinedibandingkan kurir konvensional,ditambah dengan keadaan yang terjadi saat ini yaitu pandemi Covid-19 yang membatasi masyarakat untuk bertemu secara langsung, hal tersebut membuat tranportasi pengiriman barang, paket maupun dokumen semakin tinggi. Penelitian ini berfokus pada analisa kepuasan pengguna atau kualitas pelayanan kurir onlinemenggunakan skala likert dengan melihat atribut yang paling berpengaruh pada jasa kurir yaituTangibles(buktifisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness(dayatanggap), Assurance(jaminan keamanan) dan Empathy(sikap pelayanan).


 

References

[1] Fadhila, R. 2017. Analisis Pengaruh Aplikasi Teknologi Terhadap Preferensi Kurir Berbasis Online Dan Konvensional Di Kota Bandung Raya
[2] Morlok, Edward K. 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta Pusat: Penerbit Erlangga.
[3] Oktariani, N. P. E. 2014. Analisis Kebutuhan Pengembangan Angkutan Umum Khusus Kariyawan Pasa Pusat Pemerintahan Kota Denpasar Di Lumitang. Denpasar: Program Magister Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar.
[4] Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1985) “A conceptual model of service quality and its implications for future research”. Journal of Marketing. Vol. 49 No.4. Autumn 1985 : 41 – 50.
[5] Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1988). “SERVQUAL: A multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality”. Journal of Retailing, Vol. 64 No.1. Spring 1988 : 14 – 40.
[6] Shoalihin, Muhamad. 2019. Analisa Tingkat Kepuasan Penumpang Kapal Laut Jurusan Lembar – Surabaya
[7] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D
[8] Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.
[9] Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB.
[10] Warpani, Suwardjoko P. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Institut Teknologi Bandung.
[11] Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. “Service, Quality & Satisfaction”. Andi. Yogyakarta.
[12] Tri Muti, Elsa. Kajian Pregerensi Moda Angkutan barangWarpani S.P. 2002. Pengelolaan Lalu
[13] Ginanjar, A., Sari, W. P., & Dwipriyoko, E. (2021). Perbandingan Kehandalan Operasi CRUD Menggunakan Perpaduan Spring dan MyBatis Framework serta Algoritma Cache Engine. Jurnal Tiarsie, 18(1), 11-18.
Published
2021-12-31
How to Cite
FADHILA, Raisa. Analisis Lanjutan Kepuasan Pengguna Transportasi Kurir Berbasis Aplikasi Teknologi. Jurnal Tiarsie, [S.l.], v. 18, n. 4, p. 103-108, dec. 2021. ISSN 2623-2391. Available at: <https://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/117>. Date accessed: 12 june 2025. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v18i4.117.