Analisis Lanjutan Kepuasan Pengguna Transportasi Kurir Berbasis Aplikasi Teknologi
Studi Kasus : Kota Bandung Raya
Abstract
Abstrak- Transportasi pengiriman barang merupakan salah satu pergerakan rantai tranportasi yang sangat vital dalam suatu kegiatan perekonomian, saat ini penggunaan jasa kurir semakin tinggi dikarenakan sudah dilengkapi oleh aplikasi berbasis teknologi atau online.Dari hasil penelitian peneliti terdahulu, telah didapatkan hasil bahwa secara umum masyarakat cenderung memilih jasa kurir pengantar barang yang dilengkapi aplikasi teknologi/onlinedibandingkan kurir konvensional,ditambah dengan keadaan yang terjadi saat ini yaitu pandemi Covid-19 yang membatasi masyarakat untuk bertemu secara langsung, hal tersebut membuat tranportasi pengiriman barang, paket maupun dokumen semakin tinggi. Penelitian ini berfokus pada analisa kepuasan pengguna atau kualitas pelayanan kurir onlinemenggunakan skala likert dengan melihat atribut yang paling berpengaruh pada jasa kurir yaituTangibles(buktifisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness(dayatanggap), Assurance(jaminan keamanan) dan Empathy(sikap pelayanan).
References
[2] Morlok, Edward K. 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta Pusat: Penerbit Erlangga.
[3] Oktariani, N. P. E. 2014. Analisis Kebutuhan Pengembangan Angkutan Umum Khusus Kariyawan Pasa Pusat Pemerintahan Kota Denpasar Di Lumitang. Denpasar: Program Magister Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar.
[4] Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1985) “A conceptual model of service quality and its implications for future research”. Journal of Marketing. Vol. 49 No.4. Autumn 1985 : 41 – 50.
[5] Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1988). “SERVQUAL: A multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality”. Journal of Retailing, Vol. 64 No.1. Spring 1988 : 14 – 40.
[6] Shoalihin, Muhamad. 2019. Analisa Tingkat Kepuasan Penumpang Kapal Laut Jurusan Lembar – Surabaya
[7] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D
[8] Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.
[9] Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB.
[10] Warpani, Suwardjoko P. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Institut Teknologi Bandung.
[11] Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. “Service, Quality & Satisfaction”. Andi. Yogyakarta.
[12] Tri Muti, Elsa. Kajian Pregerensi Moda Angkutan barangWarpani S.P. 2002. Pengelolaan Lalu
[13] Ginanjar, A., Sari, W. P., & Dwipriyoko, E. (2021). Perbandingan Kehandalan Operasi CRUD Menggunakan Perpaduan Spring dan MyBatis Framework serta Algoritma Cache Engine. Jurnal Tiarsie, 18(1), 11-18.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.