Pemanfaatan Teknologi Filtrasi Dan Desinfeksi Ultraviolet Dalam Sistem Penyediaan Air Minum Masyarakat

  • Lieza Corsita Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • A Alstolaris Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Alexius Monim Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Hasrawati Duwit Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Abstract

Pembangunan sanitasi di Indonesia mengacu pada Sustainable Development Goals ditargetkan dapat  menjamin  ketersedian  serta  pengelolaan air bersih layak minum dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. Masyarakat Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Provinsi Papua saat ini menggunakan sumur galian untuk mencukupi kehidupannya sehari – hari. Untuk mencukupi kebutuhan memasak dan minum masyarakat Koya Timur mengeluarkan uang membeli air galon untuk kelangsungan hidup sehari – hari. Oleh sebab itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu pelatihan pembuatan alat pengolahan air minum dengan proses filtrasi menggunakan media berbutir dan membran ultrafiltrasi. Media filtrasi yang digunakan adalah pasir silica, zeolite, mangan dan karbon aktif. Keempat media filtrasi tersebut memiliki kemampuan menghasilkan kualitas air sumur galian (air tanah) yang baik. Sebagai air layak untuk dikonsumsi sebagai air bersih. Selain itu digunakan Lampu Ultra Violet (UV) sebagai desinfeksi pengolahan air sehingga air bersih yang dihasilkan dapat langsung diminum oleh masyarakat. Kegiatan pendampingan kepada masyarakat di Kelurahan Koya Timur dalam membuat instalasi pengolahan air minum dilakukan selama bulan November bersama mahasiswa program studi Teknik Lingkungan. Kegiatan yang masih perlu dilanjutkan adalah evaluasi terhadap kualitas air yang dihasilkan dari unit pengolahan air minum yang sudah terpasang

References

[1] Nurul Ismillayli, L. M. (2017). Teknologi Pengelolaan Air Siap Minum Di Desa Jago Kabupaten Lombok Tengah. Pijar MIPA, 102-106.
[2] Nasir, S., Ali, F., & Muin, R. (2016). Rekayasa Peralatan Ultrafiltrasi Untuk Penyediaan Air Siap Minum Bagi Komunitas Pesantren Izzatuna Dan Al-Amalul Khair Di Sumatera Selatan. Ethos, 4(1), 105-110.
[3] Navratinova, S., Nurjazuli, & Joko, T. (2019). Hubungan Desinfeksi Sinar Ultraviolet (Uv) Dengan Kualitas Bakteriologis Air Minum Pada Depot Air Minum Isi Ulang (Damiu) (Studi Di Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(7), 412-420.
[4] Riduan, A., Swari, E. I., Heraningsih, S. F., & Ariansyah, D. (2019). Teknologi Pengolahan Air Minum Menggunakan Multi Filtrasi Di Ma’had Rizqullah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020) (hal. 61-66). Jambi: Journal UNJ.
Published
2022-06-30
How to Cite
CORSITA, Lieza et al. Pemanfaatan Teknologi Filtrasi Dan Desinfeksi Ultraviolet Dalam Sistem Penyediaan Air Minum Masyarakat. Jurnal Tiarsie, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 67-72, june 2022. ISSN 2623-2391. Available at: <https://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/122>. Date accessed: 20 may 2024. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v19i3.122.