Analisa Kebutuhan dan Pengaturan Pola Ruang Parkir di Lingkungan Universitas

Studi Kasus:Ruang Parkir Universitas Langlangbuana

  • Linda Aisyah Universitas Langlangbuana
  • Bayu Kania Universitas Langlangbuana
  • Rengga Prayoga Universitas Langlangbuana
  • Trisna Purnama Universitas Langlangbuana

Abstract

Fasilitas Parkir merupakan sarana yang harus tersedia disuatu Institusi Pendidikan, untuk menunjang kegiatan civitas akademik. Ruang parkir yang merupakan salah satu komponen fasilitas parkir perlu memenuhi standar kebutuhan ruang parkir yang ditentukan berdasarkan jumlah kendaraan yang keluar masuk di suatu Institusi Pendidikan tersebut. Hal ini berlaku juga untuk Universitas Langlangbuana yang merupakan salah satu Institusi Pendidikan di Kota Bandung yang mempunyai jumlah mahasiswa cukup banyak akantetapi belum mempunyai fasilitas parkir memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir serta pengaturan pola ruang parkir agar kebutuhan ruang parkir terpenuhi secara optimal, nyaman dan sesuai dengan lingkungan. Tahapan metode yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu, tahapan pengumpulan data baik itu data primer maupun data sekunder serta tahap pengolahan data meliputi analisis volume parkir, durasi parkir, akumulasi parkir, indeks parkir, parking turn over, serta analisis kebutuhan ruang parkir, yang selanjutnya setelah dilakukan pengolahan dan tabulasi data dapat dianalisis kebutuhan ruang parkir dan dilanjutkan dengan rekomendasi pola ruang parir yang cocok dengan kondisi lahan yang ada di Universitas Langlangbuana. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kebutuhan ruang parkir (KRP) di Universitas Langlangbuana ialah 533 petak parkir untuk sepeda motor dan 84 petak parkir untuk mobil. Rekomendasi rencana yang memungkinkan dilakukan ialah membangun lapangan basket ±(32 x17)m menjadi bangunan dua lantai yang dapat menampung 623 petak parkir (>KRP), dan mengatur ulang ruang parkir esisting area parkir luar ±(31x42)m untuk mobil sehingga didapatkan 79 petak parkir (<KRP), yang berarti masih belum memenuhi kebutuhan ruang parkir yang direkomendasikan. Hasil anaisis ini dapat menjadi kajian lebih lanjut untuk memutuskan langkah yang sesuai dan memungkinkan untuk menangani masalah parkir di Universitas Langlangbuana.

References

[1] Hobbs, F.D. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
[2] Pedoman teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, 1998. Departmen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
[3] Prayoga.Rengga Dwi dan Trisna Hadi, 2019. Analisis Perencanaan Kapasitas Gedung Parkir di Universitas Langlangbuana Bandung
[4] Kania, B., Yahya, R. G., & Kurniawan, A. (2020). Kajian Keterlambatan Proyek Engineering Procurement Construction Commissioning Jaringan Transmisi 150KV. Jurnal TIARSIE, 17(1), 7-12.
Published
2021-03-31
How to Cite
AISYAH, Linda et al. Analisa Kebutuhan dan Pengaturan Pola Ruang Parkir di Lingkungan Universitas. Jurnal Tiarsie, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 27-34, mar. 2021. ISSN 2623-2391. Available at: <https://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/93>. Date accessed: 14 june 2024. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v18i1.93.